Cara Pakai Root Up pada Stek Batang Agar Tumbuh Akar dan Tunas Dalam 7 Hari | Kebunku

pupuklahan.blogspot.com -- Cara Pakai Root Up pada Stek Batang -- Jika kitakepengen tanaman cepat berbuah dan batangnya pendek, maka stek batang dan cangkok adalah pilihan yang tepat. Batang tanaman yang sudah dipotong diolesi zat pengatur tumbuh (ZPT) sepertiRoot Up akan sangat cepat mengeluarkan akar dan tunas. Tapi, kita harus mengerti bagaimana cara pakai root up untuk stek batang agar cepat tumbuh akar dan tunas.

Cara Pakai Root Up pada Stek Batang Agar Tumbuh Akar dan Tunas Dalam 7 Hari
Root Up. Gambar : pupuklahan.Blogspot.Com

BACA JUGA : Cara Membuahkan Mangga dengan Perlakuan Ini

Stek ; Tak Usah Lagi Semai Biji, Berbuah pun Cepat

Kita tidak perlu lagi semai biji yang berbuahnya lama dan batangnya tinggi. Semua serba cepat dan instan di zamanNow. Baru saja ditanam sudah berbuah. Misalnya, Hasil stek jambu, mangga, durian, dan lainnya akan berbunga dan berbuah dalam tempo yang singkat atau lebih kurang enam bulan setelah tanam. Sungguh luar biasa.

Menariknya lagi, flora butir dapat ditanam pada pot yg menghiasi perkarangan rumah saat berbuah. Orang-orang yg melewati rumah kita pun akan terpana melihat indahnya flora menggunakan btg pendek, akan tetapi berbuah lebat.

Meskipun stek, nutrisi permanen perlu

Agar flora hasil stek selalu berbuah, tentu kita mesti rajin memberi nutrisi makro dan mikro yg diperlukan tumbuhan itu. Kita mampu menggunakan pupuk anorganik yg mengandung unsur hara N, P, K misalnya pupuk NPK sebagai pupuk beragam atau pupuk tunggal seperti TSP, KCl, ZA, dan lainnya.

Sebagai tambahan unsur hara mikro dalam tanaman butir output setek, dapat digunakan pupuk organik, yaitu pupuk kompos, pupuk sangkar atau pun pupuk cair organik.

ROOT UP ITU, APA?

Kembali kita ke zat pengatur tumbuh Root Up. Root Up ini adalah suatu hormon pertumbuhan yang dapat mer_4_ngsang pertumbuhan akar. Root Up ini dipakai apabila kita ingin memperbanyak flora secara vegetatif (bukan generatif menurut biji).

Secara natural mungkin ada yang menggunakan bawang merah atau air kelapa untuk mendapatkan hormon pertumbuhan akar. Hal ini karena pada bawang merah terdapat hormon auksin yang salah satunya hormon tersebut berfungsi dalam mer_4_ngsang pertumbuhan akar. Namun, tingkat keberhasilannya relatif rendah karena banyak pengaruh faktor lain seperti rentan terserang jamur, busuk batang, dan lain-lain.

BACA JUGA : Cara Stek Jambu Dengan Hormon Alami Air Kelapa Muda

Dengan memakai Root Up, taraf keberhasilan perbanyakan tumbuhan secara stek atau cangkok tinggi. Pertumbuhan akar cepat sekali.

Hal ini lantaran Root Up mengandung hormon pertumbuhan akar dan juga fungisida. Fungisida yang berfungsi buat mencegah fungi, cendawan, infeksi dan aneka macam penyakit di bagian yang terluka atau bekas sayatan setek btg.

Cara pakai root up buat stek, bagaimana?

Bagaimana cara menggunakan Root Up untuk stek batang atau cangkok? Cara penggunaan mudah sekali. Tapi, Anda harus beli dulu root up,dunk. Berapa harga root up? Harganya relatif murah dan tergantung daerah, umumnya berkisar Rp. 30.000,- sampai dengan Rp 70.000,-. per botol dengan berat bersih isinya 100 gram.

Sudah beli root up, belum? Mungkin sudah atau mungkin juga belum, tapi bagusnya simak dulu ulasan teknis penggunaannya yang ini.Well, berikut ini akan kita jelaskan mulai dari penyiapan batang stek sampai cara menggunakan Root Up.

Penyiapan btg stek

  1. Cari dulu tanaman yang sudah pernah berbuah dan menarik bagi Anda akan tanaman    tersebut
  2. Seleksi cabang yang sudah besar (minimal diameter 1 cm) dan tidak sedang mengeluarkan tunas atau pucuk muda. Jangan juga cabang yang sudah tua sekali akan sulit regenerasi sel dan pertumbuhan akar.
  3. Potong sepanjang +/- 30 cm
  4. Pangkas daun-daun dan sisakan 1 atau 2 daun saja (Jika dipangkas habis pun, boleh-boleh saja)
  5. Kupas kulit bagian bawah batang +/- 5 cm dari bawah (bagian yang akan ditanam)

Supaya keberhasilan stek btg tinggi & cepat tumbuh akar ketika diolesi root up, maka perlu diperhatikan posisi penyayatan kulit bagian pangkal batang yang akan disetek. Sayatan mesti tepat dilakukan tepat dalam bagian buku (node), yaitu bagian pangkal batang setek yg terdapat tempat tumbuh tunas atau daun.

Lihat gambar yang sudah disediakan oleh admin pupuklahan.blogspot.com seperti di bawah ini [updated 21/12/2019].

Cara Pakai Root Up pada Stek Batang Agar Tumbuh Akar dan Tunas Dalam 7 Hari
Posisi Sayatan Stek Batang Mangga

Tepat pada Buku/Node loka tumbuh tunas/daun

Gambar : pupuklahan.Blogspot.Com

 Cara Memakai Root Up pada stek batang

  • Membuat pasta root up

Sebelum memakai hormon ZPT root up, Anda mesti membuat pastanya dulu. Begini cara menciptakan pasta root up.

  1. Buka tutup botol
  2. Ambil tepung dalam botol Root Up menggunakan sendok kecil
  3. Tuangkan tepung pada wadah yang sudah disediakan (bisa piring kecil, mangkok, dan lainnya sesuai keperluan)
  4. Teteskan air sedikit-sedikit ke dalam wadah yang sudah berisikan tepung Root Up
  5. Aduk merata sehingga membentuk seperti pasta (jangan sampai terlalu banyak air akan encer)

Cara Pakai Root Up pada Stek Batang Agar Tumbuh Akar dan Tunas Dalam 7 Hari
Pasta Root Up Siap Oles. Gambar : Dokpri

  • Mengoles root up

Anda mungkin bertanya bagaimana cara mengoles pasta root up yang telah dibuat pada stek btg. Inilah langkah-langkah melumas root up dalam bekas sayatan batang stek.

  1. Oleskan pasta Root Up yang sudah dibuat pada bagian bawah batang yang sudah dilukai kulitnya (pengelupasan kulit bagian bawah batang +/- 5 cm untuk pertumbuhan akar)
  2. Tanam ke dalam pot yang sudah diisi dengan media tanam (campuran tanah + pupuk kandang)
  3. Tutup batang dengan plastik untuk mengurang penguapan. Bisa juga dibuat sungkup dari plastik transparan dan tempatkan pot tersebut di dalam sungkup.  Pilihan lain pakai botol aqua bekas, potong menjadi dua bagian. Isi media tanam dan batang stek, lalu tutup kembali dan dilakban agar rapat (lihat Gambar di bawah ini)
  4. Siram secukupnya saja (lebih baik gunakan spayer untuk menyemprot media tanam)
  5. Dalam waktu +/- 7 hari tanda-tanda pertumbuhan akar sudah dapat dilihat (batang segar dan sisa daun di batang tidak layu)
  6. Buka penutup jika tunas sudah mulai tumbuh dan panjangnya +/- 3 cm. Untuk membuka sungkup atau penutup, sebaiknya tunggu sampai benar-benar akar juga sudah mulai tumbuh (+/-30 hari)
  7. Tempatkan di bawah naungan dan adaptasikan dengan cahaya secara pelan-pelan/bertahap. Intinya, jangan terkena sinar matahari langsung setelah sungkup dibuka.

Cara Pakai Root Up pada Stek Batang Agar Tumbuh Akar dan Tunas Dalam 7 Hari
Stek Jambu Sudah Tumbuh Tunas dan Akar.

Gambar : Dokpri

Cara Pakai Root Up pada Stek Batang Agar Tumbuh Akar dan Tunas Dalam 7 Hari
Mangga yang Distek. Gambar : Dokpri

Cara Pakai Root Up pada Stek Batang Agar Tumbuh Akar dan Tunas Dalam 7 Hari
Stek Jambu Berhasil dan Siap Dipindahkan

Ke Dalam Pot. Gambar : Dokpri

Demikian cara memakai Root Up pada perbanyakan tumbuhan secara vegetatif melalui stek batang. Root up ini juga dapat digunakan waktu Anda mencangkok flora. Prosedur penggunaan sama menggunakan stek btg.

Hanya saja pada cangkok, sehabis diolesi Root Up dalam bagian sayatan, lalu dibungkus/ditutup menggunakan tanah buat media pertumbuhan akar.

Gambar pada atas itu merupakan batang mangga yg dicangkok memakai Root Up. Cangkok mangga telah dibungkus dengan plastik dalam bagian terluar buat menjaga kelembaban tanah menjadi media perakaran.

Catatan :

Setelah ditanam dalam pot (batang yang sudah diolesi Root Up), letakkan dalam tempat yang tidak terkena sinar matahari pribadi. Apabila terkena sinar mentari maka hormon auksin atau hormon pertumbuhan nir akan bekerja (nir aktif).

  • Contoh hasil stek GAGAL dari media tanam TIDAK STERIL dan akibat menurut membuka sungkup sekaligus pada satu waktu (seharusnya bertahap)

Cara Pakai Root Up pada Stek Batang Agar Tumbuh Akar dan Tunas Dalam 7 Hari
Contoh Hasil Stek Layu alias Gagal.

Gambar : Dokpri

Cara Pakai Root Up pada Stek Batang Agar Tumbuh Akar dan Tunas Dalam 7 Hari
Contoh Hasil Stek Gagal

Karena Terserang Jamur dan Membusuk

Gambar : Dokpri

Baca juga ini :

  • Mengolah Bonggol Pisang Menjadi Pupuk Organik Cair (POC)/MOL dan 4 Cara Aplikasinya
  • 6 Step Membuat Pupuk Organik Cair (POC) Air Kelapa dan Cara Aplikasinya yang Benar
  • Membuat Pupuk Organik Cair Dari Sampah Basah Dengan EM4 dan Air Cucian Beras.
  • Cara Membuat Pupuk Kompos Siap Pakai dalam 7 Hari

Tip sukses stek.

  1. Media tanam stek diusahakan benar-benar steril dari jamur/cendawan. Sebab, jika media tidak steril, maka batang akan membusuk. Bahkan, ketika tunas mulai tumbuh, tunas akan layu pelan-pelan pada saat dibuka sungkup. Oleh karena itu, media tanam harus diberikan fungisida atau dapat juga digonseng (roasted) sebelum menanam batang stek.
  2. Jika sungkup dibuka, jangan sampai terkena hembusan angin yang kencang. Sebaiknya, tempatkan stek yang sudah mulai tumbuh tunas pada tempat yang terhalangi hembusan udara. Tempat di ruang yang ada dindingnya.
  3. Jangan memindahkan hasil stek ke media tanam lain sebelum akarnya kuat. Tunggu berkembangnya akar untuk adaptif dengan lingkungan baru dalam waktu 1,5-2 bulan.

Sobat, itulah cara gunakan zat pengatur tumbuh, yaitu root up pada stek btg. Dengan perlakuan yang tepat, maka pertumbuhan akar dan tunas lebih cepat. Perhatikan alat-indera yang digunakan permanen steril. Selamat mencoba semoga sukses.

Video Cara Membuat Pasta Root Up

& Mengolesinya dalam Stek dan Cangkok

1 Response to "Cara Pakai Root Up pada Stek Batang Agar Tumbuh Akar dan Tunas Dalam 7 Hari | Kebunku"

  1. Saya mau pesan satu botol yg harganya tiga puluh ribu,

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel