Inilah28 Manfaat Jahe Bagi Kesehatan Selain Menghangatkan Tubuh

Manfaat jahe bagi kesehatan yang merupakan rempah pilihan para ibu untuk dijadikan bumbu masak bagi kesehatan tubuh manusia karena kandungan senyawa berupa minyak atsiri yang salah satu khasiatnya adalah memberi kehangatan pada tubuh saat cuaca dingin di malam hari.

Jahe (Zingiber officinale) adalah salah satu rempah berbentuk rimpan yang mudah ditemui di pasar tradisional Indonesia dengan berbagai varietas seperti:

  • Jahe Gajah: Dinamakan seperti demikian karena bentuk rimpang yang besar namun rasa yang dihasilkan tidak terlalu pedas layaknya jahe jenis lain. Daging jahe berwarna kuning hingga putih. Jahe gajah atau jahe badan merupakan varian jahe yang banyak diminati oleh masyarakat dunia.
  • Jahe Kuning: Merupakan jenis jahe yang lebih sering dijadikan bumbu masakan untuk masyarakat lokal. Hasil masakan yang diberi bumbu jahe akan memberikan aroma dan rasa yang cukup tajam. Ukuran rimpang lebih kecil dibanding jahe gajah dan memiliki warna kuning.
  • Jahe Merah: Jahe jenis ini menyimpan kandungan minyak atsiri paling banyak dibanding jenis lain, karena rasanya yang pedas dari jahe merah banyak digunakan sebagai bahan dasar pembuatan jamu dan obat. Rimpang berukuran paling kecil dengan balutan kulit berwarna merah serta menyimpan serat yang lebih banyak dibanding jahe biasa.

Khasiat Jahe Untuk Kesehatan

Tanaman jahe yg telah dibersihkan pula acapkali dikonsumsi bapak-bapak dalam bentuk air seduhan buat menghangatkan tubuh, contohnya ketika mendapat tugas ronda pada kampung. Dari situ poly industri yg meneliti lebih jauh tentang jahe agar sanggup dikemas berbentuk produk seperti kopi jahe atau wedang jahe bermerek.

Pada akhirnya para pakar pengobatan tradisional ikut melakukan serangkaian riset terhadap rimpang ini menjadi tanaman obat karena mendengar banyaknya khasiat dibalik rasa pedas jahe bagi kesehatan. Dan terbukti akan manfaat jahe buat menangani poly penyakit.

Manfaat Jahe

Berikut ini merupakan bahasan mengenaimanfaat jahe selain menghangatkan tubuh:

1. Menurunkan berat badan

Di pada tubuh jahe berfungsi buat melebarkan pembuluh darah sebagai panas tubuh. Di lain sisi TOGA ini hanya menyumbang sedikit kalori sebagai akibatnya nir memiliki andil akbar buat menaikkan berat badan.

Dua. Menjaga syarat jantun

Jika tubuh menyimpan banyak kolesterol dan minyak yg adalah susunan berdasarkan lemak botani dan hewani dapat menaikkan risiko terkena penyakit jantung. Hubungannya dengan manfaat jahe lantaran di dalam tubuh memegang sebuah kiprah sebagai penurun kadar trigliserida & kolesterol yang berlebih pada tubuh.

Tiga. Mengatasi mabuk bepergian

Dengan minum wedang jahe sebelum bepergian jauh dengan menaiki kendaraan roda empat dapat mencegah mabuk bepergian karena sifat-nya menjadi anti-mual.

4. Mengatasi gangguan pencernaan

Gangguan kesehatan yang menyerang sistem pencernaan seperti kram dan rasa sakit yang muncul menjelang haid bisa ditepis menggunakan minum air jahe secara rutin.

Lima. Mengatasi morning sickness

Ibu hamil terkadang mengalami mual pagi atau istilah populernyamorning sickness karena pencernaan sedikit terganggu. Untuk mengurangi rasa mual tersebut Anda bisa minum kopi atau wedang jahe yang hangat setiap kali merasakan mual ketika bangun tidur.

6. Mencegah kanker usus

Salah satu universitas yang masih ada pada Amerika Serikat mengabarkan bahwa rutin konsumsi kuliner atau minuman yg berbahan dasar jahe dapat mencegah penyakit kanker koloretal (usus akbar).

7. Mengobati sakit ketua

Seharian bekerja dapat memicu stres berlebih yang berisiko terserang penyakit lain. Maka dari itu sepulang ngantor coba santai di taman sambil menikmati hangatnya wedang jahe dan roti bakar, otak jadi lebih fresh dan tubuh terasa nyaman.

8. Mengobati alergi

Manfaat jahe menjadi anti-alergi, karena pada dalamnya terdapat kandungan senyawa yg efektif pada mengurangi rasa gatal dampak alergi sekaligus mengobatinya.

9. Menghilangkan mual dan mengobati masuk angin

Masalah dalam pencernaan terkadang membuat perut jadi mual ingin muntah, kondisi demikian jua kerap terjadi pada seseorang yang mengalami demam (masuk angin). Sebagai pertolongan pertama jangan langsung pakai obat warung, cobalah minum air seduhan rimpang jahe supaya lambung sebagai nyaman dan perut terhindar dari masalah misalnya kram.

10. Mengobati penyakit rematik

Caranya dengan membakar dua rimpang jahe di atas api panas atau bara. Setelah itu tumbuk sampai halus, terakhir Anda aplikasikan dalam bagian tubuh yg terkena rematik. Itulah manfaat jahe buat mengobati rematik.

11. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Tubuh akan kebal berdasarkan agresi penyakit, caranya dengan menaikkan sistem pada tubuh yang tak jarang diklaim imun atau imunitas. Apabila antiobodi (imun) pada tubuh kuat, maka bakteri yg mungkin menyerang dapat ditangkal. Untuk menambah sistem ketahanan tubuh Anda mampu mengambil minum wedang jahe secara teratur, manfaat jahe yg satu ini terbantu dengan sifat menjadi antioksidan.

Manfaat jahe lain:

  1. Obat radang sendi.
  2. Pengontrol gula darah yang baik untuk penderita diabetes.
  3. Menghilangkan gatal pada tenggorokan.
  4. Melancarkan sistem peredaran darah
  5. Membasmi bakteri atau zat berbahaya yang menginap dalam tubuh, khususnya bagian perut, usus dan lambung.
  6. Menangkal radikal bebas karena mengandung antioksidan kuat.
  7. Obat kompres untuk menurunkan suhu tubuh.
  8. Mengobati migrain (sakit kepala sebelah).
  9. Menghilangkan batuk berdahak dan kering.
  10. Mengatasi masalah perut kembung akibat usus terkena iritasi.
  11. Mengobati sakit gigi dengan cara berkumur.
  12. Meringankan rasa nyeri ketika datang bulan.
  13. Meredakan rasa nyeri pada otot akibat mengangkat beban berlebihan.
  14. Mengatasi jerawat dengan mengaliri atau mengoleskan pada wajah.
  15. Mencegah peradangan sehingga bermanfaat bagi penderita arthritis dan osteorarthritis.
  16. Mengobati luka terkena bisa ular.

Kemampuan jahe untuk melakukan berbagai tindakan medis secara alami tadi tentu tidak lepas dari peran zat kimia yang terkandung di dalamnya. Semakin banyak kandungan gizi dalam tanaman rimpang ini, tentu semakin banyak pula manfaat jahe untuk manusia.

0 Response to "Inilah28 Manfaat Jahe Bagi Kesehatan Selain Menghangatkan Tubuh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel