Ini Pupuk dan Pemupukan untuk Kapulaga agar Berbuah Lebat | Kebunku

Pupuk untuk Kapulaga – Salah satu tanaman rempah yang cukup menggiurkan untuk ditanam adalah kapulaga (Elletria Cardamomum). Sebab, harga jual buah kapulaga cukup tinggi di pasaran mencapai ratusan ribu rupiah per kilogram.

Tetapi, yg namanya komoditas bernilai ekonomis, maka pada budidaya kapulaga harus melewati ?Jalan berliku? Yang cukup panjang & melelahkan alias memerlukan kesungguhan ekstra berfokus & mampu menghadapi tantangannya yang mungkin hadir relatif poly.

Ini Pupuk dan Pemupukan untuk Kapulaga agar Berbuah Lebat

Hasil kapulaga berlimpah karena perawatan

Menanam kapulaga agar hasilnya berlimpah, tentu saja tidak semudah membalikkan telapak tangan. Tanaman kapulaga memerlukan sejumlah perawatan intensif agar tumbuh fertile & produktif sepanjang tahun.

Salah satu perawatan yang tidak boleh diabaikan merupakan pemupukan. Sebab, jika defisiensi unsur hara di dalam tanah, baik unsur hara makro juga unsur hara mikro, tumbuhan obat & bumbu masakan ini tidak menghasilkan apa-apa.

Setiap tahapan pertumbuhan, kapulaga butuh pupuk

Oleh karenanya, pada menanam kapulaga, maka mulai ketika pengolahan tanah sampai menggunakan selesainya tanam, huma kapulaga harus dipastikan fertile. Tidak hanya cukup gembur atau poly bahan organik, namun jua ketersediaan zat-zat krusial misalnya nitrogen (N), fosfor (P), kalium (K), magnesium (Mg), & unsur hara lainnya.

Bahkan, selesainya tanaman kapulaga dipanen pertama dalam usia dua-3 tahun, pemupukan terus dilanjutkan. Sebab, usia hidup kapulaga dan produktivitasnya sanggup mencapai 10-12 tahun. Jadi, pemupukan tidak boleh terhenti agar setiap tahun kapulaga sanggup dipanen menggunakan produksi yg terus meningkat dan berlipat-lipat.

Mau kapulaga berbuah lebat ? Pupuklah

Bayangkan, apa yang terjadi kalau tanaman kapulaga cukup nutrisi sepanjang masa pertumbuhannya? Tentu berbuah lebat, ‘kan?. Minimal hasil yang akan dipanen bisa mencapai minimal 5 kg buah kapulaga basah per rumpun per tahun atau 1 kg buah kapulaga kering.

Nah, berapa rupiah kira-kira ‘tuh? Ya, tinggal kalikan saja hasil panen dengan harga update di pasar, tentu hasilnya luar biasa tinggi dan mungkin Sobat pun akan lebih bersemangat untuk terus merawatnya.

Pupuk dan Pemupukan flora kapulaga

Kalau demikian,  apa pupuk untuk kapulaga, kapan saja diaplikasikan agar kapulaga berbuah lebat, dan bagaimana cara pemupukannya ?

1. Pupuk dasar sebelum menanam kapulaga

Meskipun Sobat sudah menerima lahan yang sesuai dengan syarat tumbuh kapulaga, seperti tanah yang gembur & berhumus tinggi, namun pemupukan dasar tetap perlu diperhatikan agar huma permanen mendukung untuk pertumbuhan flora kapulaga.

Pupuk dasar yang diaplikasi sebelum menanam kapulaga adalah pupuk organik. Sobat mampu menggunakan pupuk sangkar dan mampu jua pupuk kompos, tergantung mana yang lebih gampang diperoleh.

Pupuk dasar diaplikasikan eksklusif dalam lubang tanam menggunakan dosis pupuk organik 3-5 kg per lubang tanam, ya disesuaikan menggunakan kesuburan huma.

Berikut cara pelaksanaan pupuk dasar sebelum menanam kapulaga.

  • Siapkan pupuk kandang  (boleh diganti kompos kalau ada)
  • Campurkan tanah galian lubang tanam lapisan bawah dengan pupuk kandang
  • Masukkan kembali tanah galian lapisan atas ke dalam lubang tanam
  • Berikutnya masukkan tanah yang sudah dicampurkan pupuk
  • Biarkan lubang tanam yang telah dimasukkan campuran tanah dan pupuk selama seminggu sebelum tanam

2. Pupuk susulan tanaman kapulaga

Untuk menunjang pertumbuhan flora kapulaga, pemupukan sesudah tanam dilanjutkan. Pupuk susulan diberikan secara bertahap, yaitu 3 bulan sekali. Apa pupuk susulan yang mengagumkan buat flora kapulaga?

Pupuk susulan buat kapulaga terdapat 2, yaitu pupuk organik (pupuk sangkar atau kompos) & pupuk anorganik atau umumnya dikenal menggunakan pupuk kimia.

A Pupuk kimia (anorganik)

Pupuk kimia adalah pupuk yg baik buat kapulaga lantaran bisa menyediakan unsur hara makro misalnya N, P, & K yang cepat diserap tanaman . Salah satu jenis pupuk kimia yang sering diaplikasikan merupakan NPK 15:15::15.

BACA INI : Rahasia Membuat Pupuk NPK Buah 15:20:40 Tanpa Harus Membeli

Pupuk NPK 15:15:15 diberikan buat flora kapulaga pertama sekali dalam usia 1 bulan sesudah tanam. Dosis pupuk NPK merupakan 30 gr per tanaman (rumpun). Pupuk ini diaplikasi menggunakan cara dibenamkan di sekeliling tumbuhan.

Pemupukan susulan kapulaga dilakukan setiap 3 bulan sekali dengan dosis pupuk & cara aplikasinya yang sama. Setiap selesai pemupukan, ingat disiram jika pelaksanaan pupuk jatuh dalam trend kering.

B. Pupuk kandang (organik)

Selain pupuk kimia, pupuk susulan pula diaplikasikan pupuk kandang. Kita tau bahwa pupuk sangkar adalah pupuk terbaik buat menyuburkan tanah dan flora kapulaga. Kapan diaplikasi pupuk sangkar buat pupuk susulan kapulaga?

BACA JUGA : Cara Agar Pupuk Kandang Tidak Bau & Praktis Diaplikasikan ke Lahan

Setiap kali dilakukan penggemburan tanah di sekeliling tanaman kapulaga, perlu dibubuhi sedikit pupuk organik. Dosisnya, 1-dua kg pupuk kandang per flora. Cara pelaksanaan, ya ditaburkan di sekeliling tumbuhan kapulaga dan ditutup pulang dengan tanah.

Pupuk kandang juga diberikan secara teratur setiap tahun sekali dengan dosis 10 kg per tanaman kapulaga. Dosis pemupukan pupuk organik ini dapat ditingkatkan setiap tahun sesuai dengan usia tanaman, produktivitas tanaman,  dan kondisi kesuburan tanah.

C Pupuk cair (opsional)

Untuk menunjang kesuburan & produksi buah kapulaga, boleh jua setiap 3-6 bulan sekali diaplikasikan menggunakan pupuk cair. Aplikasi pupuk cair ini baik, namun hanya opsional (pilihan saja). Sebab, dengan aplikasi pupuk cair melalui daun, tumbuhan kapulaga yg kurang optimal penyerapan unsur hara melalu akar, akan terbantu dan tumbuh fertile.

BACA JUGA : Cara Membuat Pupuk Air Cucian Beras buat Nutrisi Tanaman

Itulah pupuk dan pemupukan buat flora kapulaga. Apabila pelaksanaan pupuk dalam setiap tahapan pertumbuhannya nir terlupakan & diikuti dengan perawatan lainnya yg baik & sahih, maka kapulaga akan tumbuh fertile dan berbuah lebat.

1 Response to "Ini Pupuk dan Pemupukan untuk Kapulaga agar Berbuah Lebat | Kebunku"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel