Kuk dibuang? Ini Manfaat Kulit Bawang Merah untuk Tanaman Anda | Kebunku

pupuklahan.blogspot.com -- “Kuk dibuang, Bu? Jangan dibuang, kulit bawang merah bisa untuk pupuk tanaman, lho Bu.” Demikian teguran seorang tetangga tatkala melihat seorang ibu rumah tangga hendak membuang kulit bawang merah yang baru saja dikupasnya ke tong sampah.

Kuk dibuang? Ini Manfaat Kulit Bawang Merah untuk Tanaman Anda
Ilustrasi Kulit Bawang Merah
Saya pun tertarik dan ikut menyimak diskusi mereka tentang manfaat kulit bawang merah untuk menyuburkan tanaman.

Belum puas mendengar saja & semakin penasaran, kemudian aku coba yakinkan diri dengan membuka banyak literatur mengenai kulit bawang merah.

Kulit bawang merah terdapat nutrisi tanaman

Dan, ternyata memang sahih, kulit bawang merah (shallot skin) mengandung sejumlah nutrisi yg bisa mendorong pertumbuhan flora. Tetapi, kulit bawang merah tidak dan-merta diberikan begitu saja buat tumbuhan.

Lantas, bagaimana cara memanfaatkan kulit bawang merah untuk tanaman? Yuk kita simak penjelasannya mulai dari manfaat kulit bawang merah sampai dengan cara pemanfaatannya untuk tanaman.

Sumber kulit bawang merah

Kuk dibuang? Ini Manfaat Kulit Bawang Merah untuk Tanaman Anda
Gambar : Pixabay/Couleur
Kalau Anda butuh untuk memupuk tanaman, kulit bawang merah sangat mudah diperoleh karena cukup banyak sumbernya. Jika Anda pergi ke pasar-pasar tradisional, banyak kulit bawang merah yang sudah kering dibuang oleh para pedagang.

Kulit ini berasal dari bawang merah (Allium cepa L.) yang mereka simpan, lambat-laun kulit terluarnya mengering. Lalu, mereka bersihkan agar bawang merah terlihat segar. Sedangkan kulitnya dibuang dan menjadi limbah.

Sumber kulit bawang merah yang relatif mudah dihasilkan merupakan rumah tangga. Setiap hari, mungkin terdapat beberapa umbi bawang merah yg dibersihkan, dengan cara dikupas kulit terluarnya, buat kuliner. Memang terlihat sedikit kulit bawang merah, akan tetapi bila Anda kumpulkan tiap hari akan poly jua.

Kandungan kimia kulit bawang merah

Anda, tau? Menurut kacamata para ahli, kulit bawang merah mengandung sejumlah zat atau senyawa kimia yang bisa dimanfaatkan buat tanaman .

Beberapa zat kimia pada kulit bawang merah misalnya potassium atau kalium (K), magnesium (Mg), fosfor (P), zat besi (Fe). Namun, kulit bawang merah nisbi minim sekali kandungan nitrogen (N).

Yang mengejutkan, kulit bawang merah mengandung hormon pertumbuhan atau zat pengatur tumbuh (ZPT), seperti hormon auksin dan hormon lain seperti giberelin. Hormon tadi yang amat berguna buat mer4ngsang atau memacu pertumbuhan dan perkembangan flora.

Anda mungkin pernah melihat orang-orang menggunakan bawang merah buat stek tanaman . Pantas saja bawang merah sanggup buat stek tumbuhan lantaran terdapat hormon auksin buat meningkatkan kecepatan pertumbuhan akar tanaman .

BACA JUGA : Cara Pakai Root Up dalam Stek Batang agar Tumbuh Akar & Tunas pada 7 Hari

Manfaat kulit bawang merah buat tumbuhan

Secara umum, manfaat kulit bawang merah adalah untuk menyuburkan flora. Sebab, telah kentara sekali kulit bawang merah masih ada sejumlah nutrisi, baik unsur hara maupun hormon pertumbuhan, yang dibutuhkan tanaman .

Beberapa manfaat kulit bawang merah buat flora misalnya berikut ini.

  • Mempercepat pertumbuhan dan perkembangan tanaman
  • Adanya kandungan unsur mikro  besi (Fe) pada kulit bawang merah, dapat membantu pembentukan khlorofil, karbohidrat, lemak, enzim, dan protein pada tanaman
  • Mendorong tanaman untuk berbunga dan berbuah
  • Mencegah kerontokan bunga dan buah
  • Meningkatkan kualitas hasil tanaman
  • Meningkatkan daya tahan tanaman terhadap serangan hama dan penyakit

Cara memanfaatkan kulit bawang merah buat menyuburkan flora

Kulit bawang merah sebetulnya dapat dibentuk buat pupuk organik, baik pupuk kompos juga pupuk organik cair (POC). Tetapi, dalam artikel ini, akan kita kupas cara memanfaatkan kulit bawang merah buat pupuk cair.

Caranya, hampir sama misalnya menciptakan pupuk organik cair berdasarkan sabut kelapa, yaitu melalui perendaman. Jadi, bila Anda ingin memupuk tanaman , maka rendamlah dulu kulit bawang merah pada air.

BACA JUGA : Cara Membuat Pupuk Organik Cair (POC) dari Sabut Kelapa

Perendaman ini dimaksudkan buat mengekstrak zat-zat yg dikandung dalam kulit bawang merah sebagai akibatnya terlarut dalam air. Kemudian, air tersebut digunakan buat menyiram tumbuhan.

Nah, pupuklahan.blogspot.comakan memandu Andauntuk membuat pupuk cair dari kulit bawang merah, Anda siapkan alat dan bahan seperti berikut ini.

Alat-indera :

  • Wadah, seperti Ember atau baskom
  • Sarung tangan (kalau ada)

Bahan-bahan :

  • Kulit bawang merah (coba dulu 100 gram). Ingat, kulit bawang merah lapisan terluar yang digunakan, yang lapisan dalam ‘kan untuk bumbu masakan
  • Air bebas kaporit sebanyak 400 ml

Catatan : perbandingan kulit bawang dengan air adalah ¼ (1 bagian kulit bawang direndam dalam 4 bagian air). Jadi, kalau Anda punya kulit bawang merah banyak, lakukan perendaman dengan perbandingannya seperti itu.

Langkah-langkah menciptakan pupuk organik cair kulit bawang merah

  1. Masukkan kulit bawang merah ke dalam wadah
  2. Isi air
  3. Aduk-aduk dan remas kulit bawang merah sampai terendam semuanya
  4. Biarkan selama 24 jam
  5. Setelah 24 jam dan sebelum air rendaman dipisahkan dari kulit bawang, remas-remas agar zat-zat dalam kulit bawang merah terlarut.
  6. Saring air rendaman kulit bawang merah.
  7. Pisahkan kulit untuk diolah menjadi kompos
  8. Air rendaman kulit bawang merah siap diaplikasi untuk tanaman

Cara pelaksanaan pupuk cair atau air rendaman kulit bawang merah buat tanaman

Kuk dibuang? Ini Manfaat Kulit Bawang Merah untuk Tanaman Anda
Gambar : Pixabay/annawaldl

Agar hasilnya rupawan untuk pertumbuhan tumbuhan, usahakan diberikan menggunakan takaran rendah, namun tak jarang. Sebelum digunakan, encerkan dulu air rendaman kulit bawang menggunakan menambahkan air biasa.

Misalnya, 400 ml air rendaman kulit bawang merah diencerkan dengan 400 mililiter air biasa. Kalau 1 liter air rendaman, encerkan dengan 1 liter air biasa. Demikian seterusnya.

Lantaran bentuknya cair, maka pupuk cair kulit bawang merah diaplikasikan menggunakan cara pengocoran atau penyiraman.

Siram tumbuhan pada waktu sore atau pagi hari dengan pupuk cair kulit bawang merah sebesar 200 ml per tumbuhan. Ulangi pemupukan menggunakan air rendaman ini setiap 1 minggu sekali.

Lengkapi nutrisi menggunakan pupuk organik lainnya

Meskipun Anda telah memupuk dengan air rendaman kulit bawang merah, tetapi ingat Anda pupuk flora Anda dengan pupuk kompos atau pupuk kandang. Tujuannya agar persediaan unsur hara pada media tumbuh semakin lengkap dan tercukupi buat menunjang pertumbuhan tumbuhan.

Tanaman apa saja bisa dipupuk dengan kulit bawang merah?

Pupuk cair kulit bawang merah bisa dipakai buat memupuk aneka jenis tumbuhan, baik flora butir maupun sayuran.

Umumnya, air rendaman kulit bawang merah buat menambah nutrisi flora sayuran seperti cabe, bayam, selada, tomat, & lain-lain. Bahkan, terdapat yg memupuk tanaman bunga atau flora hias. Sebab, tumbuhan-flora ini cepat menampakan respon pertumbuhannya.

Seperti itulah manfaat kulit bawang merah untuk tanaman. Kulit yang biasanya dibuang-buang, ternyata dapat menyuburkan tanaman karena nutrisi yang dikandungnya. Nah, mulai sekarang, kumpulkan kulit bawang, rendam, dan pupuk tanaman Anda. Ekonomis dan praktis, bukan? Salam Adminpupuklahan.blogspot.com dan semoga sukses selalu.

0 Response to "Kuk dibuang? Ini Manfaat Kulit Bawang Merah untuk Tanaman Anda | Kebunku"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel